Meskipun Sudah Bertobat Setulus Hati, Dosa Ini Tetap Tak Akan Terhapus

Meskipun Sudah Bertobat setulus hati, Dosa iniTetap Tak Akan Terhapus
Dosa Tak Terhapus
Setiap manusia terlahir dengan suci dan terbebas dari dosa. Namun, Setiap hari ada saja dosa yang dilakukan manusia baik secara sadar atau tidak.

Sobat muslim, dosa tentu saja bisa menjadi penghalang bagi orang yang ingin meraih kenikmatan akhirat. Pahala yang susah payah dikumpulkan bisa gugur begitu saja karena dosa.

Meskipun demikian, Allah SWT tetap membuka jalan pertobatan bagi semua orang. Seorang hamba cukup bertobat, meminta maaf dan berjanji secara sadar dan yakin tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Akan tetapi, ada dosa yang jalan tobatnya cukup sulit untuk dilakukan lho sobat muslim. Bahkan bisa menyusahkan kehidupan kita.

Dikutip dari Islami.co, dalam kitabnya Minhajul Thalibin, Imam Al Ghazali membagi dosa menjadi tiga kategori.

Apa Saja Kategorinya ?


Kategori Pertama, 

Meninggalkan shalat,dosa, tobat
Shalat Berjamaah
Dosa karena meninggalkan perintah Allah SWT. Misalnya dengan meninggalkan sholat, puasa, zakat, kafarat, dan lain sebagainya.

Kategori Kedua, 

Mabuk,minuman keras, bar
Mabuk mabukan
Dosa yang berkaitan dengan larangan Allah yang merigukan diri sendiri. Misalnya dengan meminum minuman khamr, makan harta riba, judi dan lain-lain.

Kategori Ketiga, 

Kejahatan,penodongan,perampokan,pencurian
Penodongan
Dosa yang berhubungan dengan manusia. Misalnya mencuri harta mereka, membunuh, menculik, menuduh berzina, menebar fitnah, menggunjing, dan lain sebagainya.

Secara garis besar dosa hanya bisa dihapuskan dengan cara bertobat. Dengan sepenuh hati, seseorang memohon ampunan kepada Allah SWT.

Tobat kepada Allah SWT bisa untuk menghapus dosa kategori  pertama dan kedua. Tapi tidak untuk kategori yang ketiga.

bersalaman
Add caption

Sobat Muslim, Dosa yang berhubungan dengan manusia tidak cukup dihapus hanya dengan bertobat saja. Pelakunya diharuskan meminta maaf secara langsung dan memohon keikhlasan hati dari mereka yang pernah disakiti atau dirugikan, Dosa kategori ketiga ini bisa membuat pertobatannya menjadi lebih susah karena melibatkan hati orang lain.

Sumber: Islami.co

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Lengkap Sholawat Ismul Azhom Li Rijaalil Ghoib

TEKS BACAAN SHOLAWAT SUGHRO KARYA SYEKH ABDUL QADIR AL-JAILANI RA

Khasiat Do'a (Hizib) Syekh Abdul Qodir Al Jailani RA